Telp : +62 431 827888 | Fax : +62 431 827555 info@citralandmanado.com

Manado, CLM- Perusahaan properti perumahan CitraLand Manado  terus melakukan kegiatan yang peduli terhadap lingkungan. Jumat (12/02), pihak pengembang perumahan terkemuka di Manado ini melakukan aksi gerakan 1000 biopori yang bertempat di Sekolah Citra Kasih Manado. “Gerakan 1000 biopori ini dilakukan selain sebagai bentuk peduli lingkungan dari CitraLand, tapi juga bertujuan untuk mengantisipasi air yang berlebihan atau banjir,” ujar Davis Sumanti selaku GM CitraLand Manado. Lebih jauh Sumanti menyampaikan jika gerakan 1000 biopori ini merupakan lanjutan dari program peduli lingkungan dari CitraLand Manado setelah sebelumnya terus melakukan penanaman pohon. “Dalam beberapa tahun terakhir ini kami telah melakukan penanaman sekitar 3000 pohon. Sekarang kami melakukakn gerakan 1000 biopori, dimana ini merupakan langkah awal yang artinya akan terus bertambah,” jelas Sumanti.

penanaman biopori CitraLand Manado 3

Prof. Rosye Londah

Sementara Kepala Balai Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Sulawesi Utara, Royke Mewoh,DEA mengatakan jika pemerintah propinsi sangat mengapresiasi kegiatan peduli lingkungan ini. “Sesuai informasi ini merupakan kegiatan gerakan biopori pertama di Sulut, bahkan mungkin di Indonesia. Dan tentunya pemerintah sangat mendukung dilakukannya gerakan peduli lingkungan seperti ini,” papar Mewoh. Dia pun mengingatkan agar biopori ini jangan sampai disalahgunakan warga, yakni dengan sengaja mengalirkan air limbah keluarga menuju ke lubang biopori.”Biopori bertujuan sebagai sumur resapan, jika limbah dari rumah masuk tentunya akan merusak lubang ini. Untuk itu kami mengharapkan agar penanaman biopori ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya,” pinta Mewoh.

 

penanaman biopori CitraLand Manado 2

Penanaman titik Biopori oleh Bpk Denny Bernardus

Disatu sisi, pakar lingkungan hidup Prof. Rosye Londa menyampaikan jika penanaman biopori ini memiliki manfaat yang sangat besar. “Jika hujan, satu lubaang biopori bisa menyerap kurang lebih 30 liter air, yang artinya 1000 lubang bisa menyerap 30 kubik air hujan, yang dengan sendirinya bisa memperkecil terjadinya banjir,” jelas Prof londa sambil menambahkan jika kegiatan ini juga merupakan program yang dicanangkan oleh Presiden jokowi.
Acara gerakan 1000 biopori ini dihadiri langsung oleh Direktur PT. Ciputra, DR. Ir. Denny Bernardus, MM yang didampingi Deputy GM CitraLand Manado Cholief Choerassjaini. Tampak hadir juga di acara ini perwakilan BLH Kabupaten Minahasa dan kota Manado, pihak yayasan Sekolah Citra Kasih,warga CitraLand Manado serta karyawan CitraLand Manado. (CLMNews)